Site Loader
Esports

Sudah menjadi konsumsi publik jika dalam beberapa tahun ini, industri electronic sport atau yang lebih dikenal dengan esport sangat menarik banyak minat anak muda. Pasalnya, tidak hanya melahirkan para pemain game kelas dunia, jenis olahraga ini juga memberikan pendapatan yang sangat besar hanya dengan hobi yang tersalurkan saja.

Begitu menjanjikannya industri ini untuk masa depan anak muda hingga Presiden Joko Widodo pun kerap menyinggungnya dan memiliki perhatian penuh terhadap industri ini. Hanya saja, ternyata masih banyak masyarakat yang awam dengan jenis olahraga satu ini. Lalu, apa itu electronic sport dan apa saja manfaatnya untuk anak muda? Yuk, simak uraiannya berikut ini!

Apa itu eSport?

Berbicara mengenai jenis industri satu ini memang menarik. Esport bukan hanya sekedar olahraga, juga bukan hanya sekedar bermain game, melainkan gabungan keduanya. Jadi jika ada yang mengatakan bahwa jenis olahraga ini hanya cara agar kecanduan game dianggap wajar, maka anggapan tersebut salah total. Pasalnya, para atlet cabang ini juga mendapat pelatihan yang tidak main-main lho.

Terkait pengertiannya, electronic sport sendiri sebenarnya merupakan olahraga yang dilakukan secara elektronik atau melalui sambungan internet. Mungkin banyak orang yang meragukannya karena hal ini. Padahal, olahraga yang dimaksudkan adalah bermain game dengan berbagai taktik dalam melawan pesaing untuk memenangkan turnamen dan hadiah fantastis.

Meski bertarung dalam dunia maya, namun cabang ini tetap dimasukkan sebagai cabang olahraga karena kebutuhan akan ketahanan fisik juga adalah syarat utama yang harus dimiliki para atletnya. Tidak hanya masuk dalam kategori cabang olahraga motorik halus seperti Catur, electronic sport juga membutuhkan strategi dan persiapan pertandingan yang matang. Selain itu, tidak semua orang bisa menjadi atlet cabang ini.

Oleh sebab itu, Anda harus menjadi orang tua yang modern dengan cara jangan memarahi anak jika terlalu fokus pada game. Bisa jadi, hobinya bermain ini akan menjadi masa depan yang cerah bagi si buah hati. Anda cukup mengarahkannya saja dengan berbagai kegiatan game yang positif agar kelak bisa menjadi atlet cabang olahraga satu ini. Anda harus tahu, atlet-atlet cabang ini memiliki penghasilan yang sangat tinggi dibanding cabang lainnya.

Manfaat Esport untuk Masa Depan Anak Anda

Setelah mengenal apa itu cabang olahraga internasional satu ini, ada baiknya Anda mengenal apa saja manfaatnya untuk masa depan anak muda Indonesia. Tidak main-main, sekarang ini banyak perusahaan teknologi dunia yang mencari bakat-bakat unggul dalam industri satu ini untuk mereka dukung lho. Lalu, apa saja manfaatnya?

1. Sarana Penghilang Stres

Menjadi seorang atlet dalam dunia gaming tentu menjadi impian banyak anak muda. Selain menyelaraskan hobi, kesukaan anak kepada dunia game juga tidak akan membuatnya stres meski sudah berhari-hari belajar memainkannya. Bukan stres, melainkan anak malah akan belajar cara mengatur strategi, berpikir jernih, dan cara mengatur emosi. Menarik, bukan?

2. Menjauhkan Anak dari Sikap Anti Sosial

Banyak yang beranggapan jika gamer adalah seorang yang suka menyendiri dan hanya fokus pada dunia game tanpa mempedulikan orang di sekitarnya. Namun pada kenyataannya, banyak dari gamer justru yang sering berkomunikasi antar para gamer lainnya melalui platform online, menjadi seorang yang mudah bergaul kala bertemu orang baru, dan bahkan tidak segan membantu mereka yang tidak dikenalnya.

Inilah yang menjadikan mengapa electronic sport bisa dikatakan memupuk rasa solidaritas para atletnya untuk menjadi orang yang lebih baik. Jadi, buang anggapan jika atlet cabang ini tidak bisa diajak bekerjasama karena pada kenyataannya, justru atlet-atlet cabang inilah yang sangat sering komunikasinya.

Demikian uraian tentang apa itu esport dan apa saja manfaatnya. Semoga ulasan ini memberi Anda pencerahan!

Rofiq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *