Site Loader

Jika kamu bukan tipe orang yang suka laundry pakaian pribadi atau barang-barang yang terbuat dari kain, seperti sarung bantal dan sprei, maka kamu tentunya akan mencuci barang-barang itu sendiri atau memasrahkannya pada asisten rumah tangga. Sprei merupakan salah satu benda yang terbuat dari kain yang berfungsi untuk melapisi kasur. Tentunya, ukuran sprei lebih besar dari ukuran pakaian. Kadang kita merasa kesulitan saat mencucinya karena ukurannya yang besar. Tetapi, sprei harus tetap rutin dicuci agar tidak menimbulkan penyakit karena bakteri, kuman, dan virus bisa saja hinggap di sprei yang kita gunakan sehari-hari. Berikut merupakan tips untuk mencuci dan merawat sprei agar bebas kuman dan kualitasnya tahan lama.

  1. Jangan memakai sprei terlalu lama

Tips yang pertama adalah jangan memakai sprei terlalu lama hingga berminggu-minggu tanpa dicuci. Hal ini bisa menyebabkan kuman, bakteri, dan virus menumpuk. Selain itu, kotoran yang menempel di sprei terlalu lama akan semakin sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab itu, kamu harus rutin untuk mencuci sprei agar tidak menimbulkan penyakit dan sprei pun juga tidak menjadi kotor.

  1. Gunakan air bertemperatur pas saat mencuci sprei

Sprei berbahan katun akan cocok jika dicuci dengan air bertemperatur 60 derajat celcius. Hal ini bertujuan untuk mempermudah membasmi mikroorganisme yang bersembunyi di dalam serat-serat sprei. Air hangat akan mematikan tungau dan kuman-kuman lainnya. Namun, kamu juga harus memperhatikan jenis kain apa yang dimiliki oleh sprei yang kamu gunakan. Kain berbahan polyester tidak cocok untuk dicuci dengan air hangat karena dapat membuatnya mengkerut.

  1. Jangan pakai pemutih

Banyak orang yang sering menggunakan pemutih untuk mencuci sprei yang berwarna terang atau putih dengan tujuan untuk menghilangkan kuman-kuman dan membuat sprei jadi tampak seperti baru lagi. Namun, tindakan tersebut ternyata justru membuat kain menjadi mudah rusak. Jadi, penggunaan pemutih yang terlalu sering dapat berdampak negatif pada kualitas sprei yang kita miliki.

Selain menggunakan tips di atas, kamu juga bisa menggunakan detergen cair agar sprei lebih mudah dibersihkan karena detergen cair bersifat lebih mudah diserap kain.

 

Aulia Nur Sahlina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *