Site Loader
Makanan untuk Penderita Asam Urat

Asam urat termasuk salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini terbilang cukup mengganggu aktivitas penderitanya, karena menimbulkan berbagai gejala-gejala, seperti rasa nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas pada persendian. Penyebab penyakit asam urat bisa dikarenakan berbagai faktor, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, faktor genetik (keturunan), dan jenis kelamin. Dikatakan bahwa jenis kelamin bisa menjadi penyebab penyakit ini adalah karena resiko terbesar seseorang bisa mengalami penyakit asam urat adalah pada laki-laki. Agar asam urat tidak kambuh, memperhatikan makanan untuk penderita asam urat menjadi point penting yang perlu diperhatikan.

Asam urat merupakan penyakit yang terjadi karena kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi. Asam urat itu sendiri sebenarnya juga adalah nama zat yang dihasilkan dari pengolahan purin. Tubuh manusia secara alami menghasilkan purin dalam jumlah sedikit. Selain dari tubuh manusia, purin juga terkandung pada makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Akumulasi dari purin inilah yang kemudian dipecah menjadi zat asam urat. Asalkan asam urat dalam darah berada di kadar yang normal tidak akan menyebabkan gejala apapun.

Gaya hidup yang kurang sehat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit asam urat bisa terjadi. Khususnya bagi mereka yang sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang menyehatkan. Sebut saja seperti minuman manis dan bersoda, alkohol, daging merah, makanan laut, dll. Selain itu, beberapa jenis sayuran tertentu juga dinilai kurang bagus untuk kesehatan penderita asam urat lantaran kandungan purinnya yang terlalu tinggi, seperti bayam, kankung, kembang kol, dan jamur.

Salah satu cara agar penyakit asam urat tidak kambuh adalah dengan menghindari mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman yang sudah disebutkan tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman yang aman dan menyehatkan bagi penderita asam urat, seperti:

1. Pisang

Buah yang satu ini terkenal bagus untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, juga sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat berlebih dalam darah. Dengan rajin mengkonsumsi buah pisang akan mencegah terjadinya penumpukan dan penggumpalan pada sendi.

2. Teh hijau

Rajin mengkonsumsi teh hijau setiap hari mampu menurunkan resiko terkena penyakit asam urat dan mampu membantu mengontrol kadar asam urat dalam darah.

3. Tomat

Buah tomat mengandung banyak sekali vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Selain itu sifat basa dalam tomat juga sangat bagus untuk menjaga kadar asam urat dalam darah tetap normal.

4. Minyak zaitun

Di dalam minyak zaitun mengandung lemak sehat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan anti oksidan dan anti infalamsinya juga bagus untuk menjaga agar produksi asam urat tetap dalam kadar yang normal.

5. Jeruk nipis

Menggunakan jeruk nipis sebagai penyedap makanan ternyata sangat bagus untuk penderita asam urat. Karena kandungan asam sitrat di dalam jeruk nipis membantu melarutkan asam urat. Sehingga bisa mencegah kadar asam urat berlebihan.

6. Apel

Makanan untuk penderita asam urat lainnya yang bagus dikonsumsi adalah buah apel. Buah yang satu ini terbilang cukup mudah untuk ditemukan, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk memasukkan buah yang satu ini sebagai bagian dari menu makanan sehat. Buah apel mengandung serat yang cukup tinggi dan memiliki kandungan asam malat yang berguna untuk menetralkan asam urat dalam darah.

 

Rofiq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *