Site Loader

Apakah rumahmu sudah tergolong ke dalam rumah ramah lingkungan? Rumah yang ramah lingkungan sangat penting untuk diwujudkan karena dapat berpengaruh terhadap kelangsungan hidupmu selama tinggal di rumah tersebut. Untuk mengetahui apakah rumahmu sudah tergolong ke dalam rumah ramah lingkungan, di bawah ini merupakan ciri-ciri bagaimana sebuah rumah dapat dikatakan sebagai rumah ramah lingkungan.

Dibangun di lokasi yang tepat

Lokasi pembangunan rumah harus tepat. Pinggiran sungai, daerah resapan air, ataupun lokasi di dekat pembuangan sampah merupakan tempat-tempat yang tidak layak untuk dijadikan tempat membangun rumah ramah lingkungan. Pembangunan rumah di daerah pinggir sungai dan resapan air dapat menyebabkan terganggunya siklus air, sehingga hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya banjir. Jika membangun rumah di dekat area pembuangan sampah, maka rumah tersebut akan sangat berpotensi mengalami pencemaran, baik pencemaran air tanah maupun pencemaran udara.

Rumah juga harus dibangun sesuai dengan rencana tata guna lahan. Jangan membangun rumah di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah sebagai kawasan industri atau kawasan-kawasan yang sudah dilindungi undang-undang.

Lokasinya Efisien

Kamu harus mempertimbangkan berapa jarak lokasi yang akan kamu jadikan rumah dengan tempat-tempat yang kamu butuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Jangan sampai kamu terlalu jauh mengambil jarak antara rumah dengan lokasi-lokasi lainnya karena hal tersebut akan berpengaruh pada besarnya waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mencapai tempat-tempat yang akan kamu tuju. Jika rumahmu terlalu jauh dengan tempat-tempat lain, kamu juga berpotensi untuk meningkatkan tingkat pemanasan global karena emisi karbon dari kendaraan yang kamu gunakan pun semakin besar karena kamu perlu menempuh jarak yang jauh.

Ada lahan terbuka hijau dan pertukaran udara baik

Di sekitar area rumahmu, akan lebih baik jika ada lahan terbuka hijau minimal 30%. Hal ini bertujuan agar kualitas air dan udara di sekitar rumahmu menjadi baik. Tanpa ada lahan terbuka hijau, kamu akan merasakan udara yang tidak segar dan kamu juga akan kekurangan tempat-tempat untuk berteduh dan menikmati pemandangan yang indah.

Lahan terbuka hijau juga berfungsi untuk mengoptimalkan resapan air, sehingga meminimalkan risiko terjadinya banjir.

 

Bagaimana, apakah rumahmu sudah tergolong sebagai rumah ramah lingkungan?

 

Aulia Nur Sahlina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *