Site Loader

Dunia sepak bola Indonesia saat ini sedang diramaikan dengan adanya Liga 1. Klub-klub sepak bola Indonesia berlomba-lomba untuk mengukuhkan posisi sebagai pemenang. Saat bertanding, mereka mengerahkan banyak tenaga dan kemampuan agar bisa mencetak gol dan memperoleh kemenangan. Namun, ada kemungkinan buruk yang terjadi saat mereka bertanding, yaitu cedera.

Cedera saat bertanding merupakan salah satu hal yang sangat ditakuti. Mereka bisa saja tidak dapat melanjutkan pertandingan bahkan harus rehat dari lapangan bola jika mengalami cedera. Oleh sebab itu, para pemain bola pasti akan hati-hati saat bermain untuk mengurangi risiko cedera. Mereka juga menggunakan alat pelindung tulang kering saat bertanding. Namun, bagaimana apabila cedera sudah terlanjur terjadi?

Apabila cedera saat bermain sepak bola sudah terlanjur terjadi, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati cedera tersebut.

Mengangkat kaki setinggi dada

Ketika terjadi cedera, peredaran darah menjadi buruk hingga menyebabkan bengkak. Saat kamu mengalami cedera, kamu bisa meminta tolong petugas kesehatan atau pemain lain untuk mengangkat kakimu setinggi dada. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko pembengkakan.

Kompres dengan air dingin

Intervensi terbaik untuk mengurangi pembengkakan adalah mengompres dengan air dingin. Suhu yang dingin dapat mengurangi rasa sakit dan membuat saraf menjadi mati rasa. Hal ini bermanfaat untuk meminimalkan inflamasi dan bengkak.

Membalut tubuh yang cedera

Supaya cederamu tidak semakin parah, kamu bisa membalut tubuhmu yang terluka dengan perban. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko penumpukan cairan di tubuhmu yang cedera. Balutkan perban sampai bengkaknya hilang. Tetapi ketika tidur, kamu harus melepas perban itu agar sirkulasi darah tidak terhambat.

Menggunakan garam epsom

Untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak akibat cedera, kamu dapat menggunakan garam epsom. Magnesium sulfat yang terdapat di dalam garam epsom bisa membuat ototmu menjadi rileks. Kamu bisa mencampurkan 1 ember air hangat dan 2 sendok makan garam epsom, lalu rendam bagian tubuhmu yang cedera ke dalam campuran tersebut selama 10 hingga 15 menit.

Jika kamu pemain bola dan mengalami cedera, jangan lupa untuk menerapkan cara-cara di atas supaya cederamu cepat pulih.

Aulia Nur Sahlina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *